9 Jenis Kecerdasan Manusia

 



Menurut penelitian Howard dan Elisabeth, adanya kecerdasan majemuk ini menimbulkan konsekuensi dan manfaat dalam pendidikan dan pembelajaran, yaitu variasi cara belajar hingga evaluasinya. Sembilan jenis kecerdasan ini merupakan pengembangan dari 6 jenis kecerdasan awal yang ditemukan Howard dan Elisabeth. Berikut 9 jenis kecerdasan manusia yang dapat kita gali.

  1. Kecerdasan Lingustik

Kecerdasan Linguistik yaitu kecerdasan manusia yang memiliki kemampuan untuk berbicara, menulis, dan memahami bahasa. Kecerdasan linguistic memiliki karakteristik yaitu Mudah mengingat informasi, Suka membaca dan menulis, Memiliki kemampuan persuasive dan Memiliki selera humor yang tinggi. Pada umumnya orang yang memiliki kecerdasan tersebut bekerja sebagai pengacara, wartawan atau guru.

  1. Kecerdasan Logis-Matematis

Kecerdasan manusia yang kedua yaitu kecerdasan Logis-Matematis, dimana seseorang memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis dan memahami konsep matematis. Umumnya orang-orang yang memiliki kecerdasan matematis cenderung berpikir logis dan mengerjakan sesuatu berdasarkan pola. Berikut karakteristik orang-orang yang memiliki kecerdasan matematis:

  • Memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik
  • Memiliki ide-ide abstrak
  • Suka melakukan eksperimen ilmiah
  • Menyukai angka dan hitung-hitungan yang rumit
  1. Kecerdasan Spesial

Kecerdasan spasial adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan memanipulasi objek dalam ruang. Ini merupakan salah satu jenis kecerdasan majemuk yang dikenal sebagai kecerdasan lingkungan. Kecerdasan spasial dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti navigasi, seni, dan teknologi informasi. Contohnya, seseorang yang memiliki kecerdasan spasial yang tinggi mungkin dapat dengan mudah memvisualisasikan dan menggambar peta, atau memahami bagaimana sebuah objek akan terlihat dari sudut pandang yang berbeda. Kecerdasan spasial juga dapat membantu seseorang dalam memecahkan masalah yang memerlukan pemahaman tentang posisi dan orientasi relatif dari objek atau benda.

  1. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk memahami, mencipta, dan mengekspresikan musik. Ini termasuk kemampuan untuk mengenali dan mengelompokkan melodi, ritme, dan harmoni, serta memahami bagaimana struktur musik dan komposisi bekerja. Orang yang memiliki kecerdasan musikal biasanya memiliki keterampilan yang baik dalam menyanyi, bermain alat musik, atau mencipta musik. Mereka juga dapat memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kualitas musik, serta memiliki kemampuan untuk mengikuti atau mencipta struktur musikal yang kompleks..

  1. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk mengendalikan gerakan tubuh, seperti dalam seni tari atau olahraga. Orang dengan kecerdasan kinestetik memiliki kepekaan tubuh yang sangat baik. Selain itu mereka juga memiliki tingkat koordinasi tubuh yang hebat. Mereka yang memiliki kecerdasan kinestetik juga memiliki keterampilan motorik halus dan kasar yang sangat baik.

Berikut karakteristik orang dengan kecerdasan kinestetik:

  • Terampil dalam bidang olahraga dan tari

  • Memiliki kreativitas tinggi

  • Memiliki koordinasi tubuh yang baik

  • Memiliki kepekaan yang tinggi, baik indra penglihatan maupun pendengaran

  1. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, termasuk mengetahui bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain, mengerti emosi dan perspektif mereka, dan mampu bekerja secara efektif dengan orang lain dalam tim. Orang-orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang kuat biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, dan mungkin memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola hubungan dengan orang lain.

Berikut karakteristik orang-orang dengan kecerdasan interpersonal:

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

  • Bisa melihat suatu masalah dari banyak sudut pandang

  • Bisa menciptakan lingkungan yang positif

  • Pandai menyelesaikan konflik

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri dan mengelola emosi. Orang-orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi mungkin memiliki kemampuan yang baik untuk memahami motivasi dan emosi mereka sendiri, serta mengelola emosi dengan efektif. Mereka juga mungkin memiliki kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi orang lain.

Berikut karakteristik orang-orang dengan kecerdasan intrapersonal:

  • Memiliki kemampuan analisis yang kuat

  • Menyukai teori dan ide

  • Bersikap sangat dewasa

  • Pandai mengelola emosi

  1. Kecerdasan Naturalistik

Kecerdasan naturalistik adalah kemampuan untuk memahami dan mengklasifikasikan objek dalam lingkungan alam. Orang yang memiliki kecerdasan naturalistik sering tertarik pada alam dan memiliki kepekaan terhadap perubahan yang terjadi di dalamnya. Mereka juga memiliki kemampuan untuk memahami hubungan antara berbagai fenomena alam dan bagaimana hal-hal tersebut saling terkait. Profesi yang mungkin cocok bagi orang yang memiliki kecerdasan naturalistik adalah sebagai: Ahli Biologi, Ekologi, Ahli Konservasi, Ahli Kehutanan, Ahli Geologi, Ahli Meteorologi, Ahli Astronomi, Ahli Zooteknik, Ahli Kehutanan.

Berikut karakteristik orang-orang dengan kecerdasan naturalistik:

  • Tertarik pada mata pelajaran IPA atau sesuatu yang mempelajari soal alam

  • Mudah memahami peta dan cepat menangkap informasi

  • Suka berkemah, berkebun, hiking, dan menjelajah alam

  • Kurang menyukai mata pelajaran di luar pengetahuan soal alam

  1. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan eksistensial adalah kemampuan untuk memahami pertanyaan abstrak tentang keberadaan, makna, dan tujuan hidup. Orang yang memiliki kecerdasan eksistensial cenderung memiliki keinginan kuat untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan filosofis dan mencari jawaban atas pertanyaan tentang hakikat keberadaan manusia. Mereka juga sering memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan implikasi etis dan moral dari tindakan dan keputusan yang mereka ambil.

Berikut karakteristik orang-orang dengan kecerdasan eksistensial:

  • Memiliki pandangan jangka Panjang

  • Memikirkan sebab dan akibat

  • Tertarik mendalami ilmu atau pelajaran agama

  • Suka menolong orang lain

  • Sangat peka terhadap masalah sosial


 

Comments